Sabtu, 02 Oktober 2010

Review Jurnal

Nama : Deris Kharisma
Kelas: 4EA03
Npm : 10207278
Tugas Riset Pemasaran (Review Jurnal)

1. Tema/Topik : Marketing Mix/Bauran Pemasaran

2. Judul, Pengarang, & Tahun
1. Judul : Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Kopi di Potluck a Coffee Bar and Librarya Bandung.
Nama : Vici Kristina Hutagaol
Tahun : 2005
2. Judul : Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Seluler IM3 di Kelurahan Sumber Sari Malang.
Nama : Sandy Arintoko
Tahun : 2007
3. Judul : Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral ”AQUA” Di Kecamatan Kertasura
Nama : Arif Setiawan
Tahun : 2009


3. Latar Belakang & Masalah
Sebagian besar penduduk Indonesia bermata pencaharian sebagai petani. Karena sektor pertanian di Indonesia cukup memberikan kontribusi besar dalam perolehan devisa non migas Indonesia. Salah satu agribisnis yang ramai digalakkan adalah industri pengolahan Mengkudu dimana hasil olahannya dipercaya memiliki khasiat atau bermanfaat bagi kesehatan. Pola makan masyarakat sekarang ini pada umumnya telah jauh menyimpang dibandingkan dengan sekitar satu decade sebelumnya. Salah satu akibatnya adalah tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan stroke. Karena itu, saat ini berbagai jenis obat paten sampai alternatif dicari oleh banyak orang untuk mengobati atau setidaknya untuk mencegah penyakit akibat tekanan darah tinggi tersebut. Salah satu diantaranya ialah obat alternatif berbahan baku buah Mengkudu atau juga disebut buah Pace. CV. Morinda House memproduksi dua kategori produk, yaitu produk cair (minuman sari Mengkudu) dan kapsul. Perusahaan CV. Morinda sendiri telah memasarkan produk-produknya. Dalam memasarkan produknya, perencanaan dan pengembangan strategi pemasaran membutuhkan pemahaman mendasar tentang perilaku konsumen. Agar konsumen menjadi puas dan loyal terhadap produk sari buah Mengkudu CV. Morinda House Bogor, konsumen menjadikan variabel marketing mix sebagai pertimbangan untuk membeli produk tersebut.
Berdasarkan latar belakang di atas, Bagaimanakah Pengaruh Marketing Mix terhadap keputusan pembelian Produk Herbal Mengkudu pada CV. Morinda House Bogor.

4. Metodelogi
a. Data atau Variabel
Dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, dengan melibatkan 50 responden terpilih untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk herbal mengkudu pada Cv. Morinda House.

b. Model
Vici : Produk
Harga
Distribusi
Promosi

Sandy: Harga
Produk
Promosi
Distribusi

Arif : Produk
Harga
Promosi
Distribusi

c. Tahapan

5. Hasil & Kesimpulan
Hasil & Kesimpulan Jurnal 1 : Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan Analisis Korelasi, Koefisien Determinasi dan Pengujian Hipotesis, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh POTLUCK secara umum telah dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.
Hasil & Kesimpulan Jurnal 2 : Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda, ada pengaruh yang signifikan antara variabel-variabel bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian kartu seluler IM3 di Kelurahan Sumber Sari Malang.
Hasil & Kesimpulan Jurnal 3 : Berdasarkan hasil uji F dapat disimpulkan bahwa produk, distribusi, promosi dan harga secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t menunjukkan bahwa produk, distribusi, promosi dan harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Hasil & Kesimpulan peneliti : Secara keseluruhan harga, produk, promosi dan distribusi berpengaruh terhadap keputusan pembeian.


6. Saran untuk lanjutam
Untuk lebih dapat meningkatkan penjualan produknya, sebaiknya perusahaan perlu meningkatkan kapasitas produksi, meningkatkan diversivikasi produk, kualitas produk dan lain-lain. Untuk setiap penelitian diharapkan dapat menambah variabel-variabel bauran pemasaran, sehingga kita dapat mengetahui bukan hanya 4 variabel saja yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian, tetapi masih terdapat variabel-variabel lain yang mempengaruhi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar