Nama : Deris Kharisma
Kelas : 3EA03
NPM : 10207278
Tgl : 5 November 2009
Mata Kuliah : Perilaku Konsume
KEUNTUNGAN PENGGUNAAN MERK
PADA SUATU PRODUK
Dalam setiap pembelian suatu produk, kita selalu dihadapkan pada suatu pilihan berbagai macam merk. Dalam satu produk saja, terdapat berbagai macam merk. Misalnya saja produk mie instant, mungkin terdapat lebih dari 5 macam merk mie instant dalam suatu warung atau toko. Apalagi dalam suatu supermarket atau hypermarket. Mungkin kita dapat menemukan lebih dari 10 merk mie instant.
Sebenarnya apa sih merk itu ? Apa keuntungan dalam pemakaian merk pada suatu produk ? Menurut saya sendiri merk adalah suatu symbol, tanda, nama yang dipakai atau ditulis dalam suatu produk guna memberikan pembedaan/karakter kualitas suatu produk dengan produk yang lain agar memberikan konsumen kemudahan dalam mengenali, memilih dan membeli produk yang diinginkannya.
Istilah merk (brand) mempunyai pengertian yang luas, dan oleh Panitia Definisi dalam The American Marketing Association telah dirumuskan sebagai berikut :
Brand adalah suatu nama, istilah, symbol, atau disain (rancangan), atau kombinasinya yang dimaksudkan untuk member tanda pengenal barang atau jasa dari seorang penjual atau sekelompok penjual dan untuk membedakannya dari barang-barang yang dihasilkan oleh pesaing.
Brand name terdiri atas kata-kata, huruf, dan atau angka-angka yang dapat diucapkan.
Brand merk adalah bagian dari brang yang dinyatakan dalam bentuk symbol, atau warna atau huruf tertentu.
Trade mark adalah brand yang dilindungi oleh undang-undang karena sudah didaftarkan pada pemerintah dan perusahan mempunyai hak tunggal untuk menggunakannya. Jadi, trade mark terdiri atas kata-kata, huruf atau angka-angka yang dapat diucapkan, termasuk juga brand mark.
Dalam penggunaan suatu merk pada suatu produk, pasti akan mendatangkan keuntungan tersendiri bagi penjual dan pembeli. Apa saja kentungan yang akan diperoleh penjual maupun pembeli ?
Keuntungan Penggunaan Merk Bagi Penjual
Membantu program periklanan dan peragaan perusahaan.
Membantu dalam stabilitas harga.
Membantu dalam perluasan market share (bagian pasar yang dikuasai oleh sebagian perusahaan)
Membantu meningkatkan pengawasan terhadap barang yang dijual.
Keuntungan Penggunaan Merk Bagi Pembeli
Melindungi konsumen, karena dari merk barang dapat diketahui perusahaan yang membuatnya.
Mempermudah pembeli dalam mengenal barang yang diinginkan
Barang-barang yang bermerk cenderung untuk ditingkatkan kualitasnya, karena setiap perusahaan yang memiliki merk tersebut akan berusaha mempertahankan dan meningkatkan nama baik merknya.
Pembeli dapat mengandalkan keseragaman kualitas barang-barang yang bermerk.
Jadi, penggunaan suatu merk akan berpengaruh sekali dalam kualitas suatu produk, untuk membedakan suatu produk dengan produk lainnya. Konsumen pun akan lebih mudah untuk mencari produk yang diinginkannya.
Sumber :
Kotler, Philip, Principles of Marketing, Prentice Hall, Fifth edition, 1991
Kotler, Philip, Marketing Management, Analyses, Planning, Implementation, and Control, Seven Edition, Prentice Hall, 1990
Budiarto, Teguh, Dasar Pemasaran, Universitas Gunadarma, Seri Diktat Kuliah, 1993
Tidak ada komentar:
Posting Komentar